Tipe Laptop Berdasarkan Kebutuhan Pengguna

Baca ini dulu sebelum membeli laptop!

tipe laptop

Kalian mungkin belum mengetahui kalau laptop atau kadang disebut notebook memiliki tipe-tipe berdasarkan penggunaanya. Berdasarkan kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan yang spesifik, laptop dapat dibagi menjadi 7 tipe. Berikut ini adalah tipe atau jenis laptop yang dapat ditemukan saat ini.

Laptop Tradisional (a.k.a. Notebook)

Source: Asus

Laptop tipe ini adalah tipe laptop yang paling banyak beredar di pasaran. Laptop tradisional pada umumnya hanya disebut laptop saja atau sering disebut juga notebook. Biasanya, laptop tradisional memiliki ukuran layar dari 11 hingga 17 inci. Laptop jenis ini juga umumnya memiliki sistem operasi Windows, macOS, atau Linux.

Subnotebook

Source: Tokopedia

Subnotebook atau disebut juga Ultraportable laptop adalah laptop yang didesain atau dipasarkan dengan sangat mementingkan kemudahannya saat dibawa. Laptop jenis ini memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan laptop tradisional. Laptop jenis ini juga memiliki baterai yang lebih tahan lama dibandingkan laptop tradisional.

Netbook

Source: Google

Netbook merupakan laptop yang didesain khusus untuk komunikasi wireless dan mengakses internet. Laptop tipe ini pada umumnya murah, ringan, dan hemat baterai. Wajar saja karena laptop ini hanya diperuntukkan untuk terkoneksi dalam jaringan. Laptop jenis ini memang sudah jarang terdengar tetapi masih diperjualbelikan.

Convertible, Hybrid, atau 2-in-1

Source: Microsoft

Laptop tipe ini sekarang menjadi trend tipe laptop terbaru karena fleksibilitasnya. Laptop tipe ini adalah laptop yang juga bisa digunakan sebagai tablet. Sama seperti tablet, laptop ini menggunakan touch-screen untuk layarnya. Bahkan terkadang laptop ini juga menyediakan stylus untuk berinteraksi dengan layarnya.

Sesuai dengan sebutannya, laptop tipe ini memiliki layar yang didesain dapat diputar, dilipat 360 derajat maupun dilepas. Sehingga laptop ini dapat digunakan sebagai tablet dengan mudah. Laptop tipe ini pun memiliki desain yang tipis terlihat seperti tablet. Akan tetapi, laptop jenis ini dilengkapi dengan baterai yang cukup tahan lama serta kemampuan untuk menjalankan program desain seperti Adobe Photoshop.

Desktop Replacement

Laptop tipe ini merupakan tipe laptop yang menyalahi istilah laptop. Karena kamu kemungkinan tidak ingin menaruhnya di atas pangkuan kamu. Laptop jenis ini tidak mementingkan kemudahan saat membawanya, akan tetapi kalian masih bisa untuk membawanya berpergian. Dengan ukuran yang lebih besar dari laptop tradisional, laptop jenis ini masih memiliki kelebihan tersendiri dari laptop lainnya.

Ukuran yang besar memungkinkan laptop ini untuk menggunakan komponen komputer yang lebih canggih maupun layar yang lebih besar. Akan tetapi, laptop jenis ini kebanyakan tidak memiliki kapasitas baterai yang besar. Dalam laptop tipe ini terdapat dua subkategori yang umum ditemukan yaitu laptop media center dan laptop gaming.

Laptop Media Center

Laptop seperti ini umumnya tidak dijual dipasaran akan tetapi merupakan hasil recycle dari laptop lama yang masih berfungsi. Laptop jenis Media Center, sesuai dengan namanya, hanya digunakan untuk menyimpan data media dan hanya menggunakan program pemutar media saja. Laptop ini juga didesain untuk dapat memutar media ke layar televisi maupun output external lainnya.

Laptop Gaming

Source: Acer

Laptop jenis ini merupakan laptop yang memang didesain untuk gaming. Dengan ukuran yang besar, laptop tipe ini dapat menggunakan komponen graphic card yang lebih canggih untuk menjalankan game yang lumayan berat. Layar yang digunakan pun umumnya memiliki refresh rate yang lebih besar untuk competitive shooter gaming.

Rugged Laptop

Source: Dell

Laptop tipe ini merupakan laptop yang memiliki ketahanan tinggi dalam kondisi dan lingkungan yang cukup ekstrim. Laptop tipe ini cukup tangguh dalam menghadapi getaran tinggi, suhu temperatur ekstrim, dan lingkungan yang basah maupun berdebu. Mirip dengan laptop media center, laptop jenis ini umumnya tidak dijual di pasaran. Walaupun ada yang menjualnya, laptop jenis ini miliki harga yang lebih mahal dibanding laptop tradisional.

Rugged Laptop ini memiliki desain yang lebih tebal dan berat agar lebih tahan banting. Laptop ini pun memiliki lapisan karet dibawah keyboard, penutup port dan konektor, passive cooling, layar dengan brightness yang tinggi, casing yang lebih kuat dari laptop tradisional, dan storage yang tahan dengan getaran secara terus menerus. Laptop seperti ini umumnya dipakai organisasi keamanan warga, militer, teknisi, konstruksi, pertambangan dan perminyakan. Dan laptop seperti ini umumnya dijual langsung ke organisasi tersebut.

Business Laptop

Source: Lenovo

Laptop seperti ini didesain untuk perkantoran. Beberapa jenis laptop pun bahkan didesain mirip dengan rugged laptop untuk meemenuhi tempat kerja yang ekstrim. Perbedaan yang sangat mencolok dari laptop tipe ini adalah tidak adanya fitur yang diberikan pada konsumen secara umum seperti HD Sound. Akan tetapi laptop seperti ini akan memiliki fitur-fitur yang menunjang bisnis Trusted Platform Module, fingerprint scanner, smart card reader, dan pointing stick.

Ayo bro jadi yang pertama komen!

Tulis komentar