Review Game MOBA Dengan Kaerifan Lokal: Lokapala

Mencoba lokapala moba buatan anak bangsa yang tidak kalah keren

lokapala

Dirilis secara full di Play Store pada tanggal 20 May 2020 yang lalu, Lokapala menjadi game MOBA dengan ketertarikan tersendiri. Digarap oleh Anantarupa Studio, Lokapala menjadi game Battle Arena 5v5 dengan keunikan pada karakter dan gameplay yang ditawarkan. Map yang ditawarkan pun berbeda dengan yang dimiliki game MOBA lainnya. Perbedaan mencolok akan kita jelaskan lebih lanjut dalam artikel ini.

Ksatriya

Pada game ini Heroes yang dapat kita mainkan memiliki sebutan Ksatriya. Sampai saat ini ada 16 Ksatriya yang dapat dimainkan. Ksatriya terbagi menjadi beberapa kategori yaitu Marksman, Tank, Mage, Fighter, Assassin, dan Support. Untuk pemain baru kalian diberikan dua Ksatriya awal yaitu Sena dan Jinno. Sena merupakan Ksatriya tipe Marksman dan Jinno merupakan Ksatriya tipe Support. Akan tetapi jangan bersedih dulu, karena akan ada rolling free Ksatriya dalam waktu tertentu. Untuk saat ini ada 15 Ksatriya yang dapat dimainkan secara gratis.

Suaka

Map atau Arena pada game ini disebut juga Suaka. Di dalam Suaka, terdapat 3 lane seperti map pada umumnya. Salah satu hal yang menarik adalah adanya sejenis lord di kanan atas dan kanan bawah yang jika tim kalian dapat mengalahkannya, kalian bisa memilih satu orang untuk mengendalikan lord tersebut. Arah menuju kesana pun dapat menjadi sebuah jalur ganking yang mudah digunakan untuk mengepung lane atas maupun bawah.

Gameplay

Gameplay secara umum mungkin tidak banyak berbeda dari game MOBA lainnya. Selain skill regen dan satu slot skill unik yang dapat kalian setup sebelum pertarungan, kalian memiliki satu skill bernama Wahana. Dengan menggunakan Wahana, movement speed kalian akan bertambah ketika sedang tidak berada dalam pertarungan. Skill ini juga sangat berguna untuk dapat mencapai posisi pertarungan dengan cepat.

Jika pertarungan berlanjut terlalu lama, ancient tiap tim akan berubah menjadi Rhaksasa yang akan berjalan ketengah map, dan bertarung satu sama lain. Tim yang berhasil mengalahkan Rhaksasa musuh terlebih dahulu akan menjadi pemenangnya.

Penutup

Lokapala memiliki banyak keistimewaan tersendiri dan cukup menjanjikan sebagai MOBA yang adiktif. Dengan gameplay yang unik dan kearifan lokal yang kental mungkin Lokapala akan mendapat kesulitan untuk mengumpulkan player base. Akan tetapi jika player base sudah terkumpul game ini tidak kalah saing dengan game MOBA lainnya. Gamenya bisa di download di sini ya.

Be the first to comment!

Write a Comment