Review Cyberpunk 2077 FPS Open World Yang Lama Ditunggu-tunggu

Akhirnya rilis juga guys

review cyberpunk 2077

Mungkin kalian belum tau apa itu Cyberpunk 2077. Game ini merupakan game FPS besutan CD Projekt RED yang juga menghasilkan game The Witcher yang terkenal itu. Game Cyberpunk 2077 sendiri menceritakan tentang seorang tentara bayaran bernama V di sebuah kota futuristik yang disebut Night City. Di dunia ini teknologi sudah sangat maju bahkan manusia pun banyak yang menjadi setengah robotik karena hampir semua orang menggunakan cyberware. Berikut merupakan review Cyberpunk 2077 dari tim IDGameWare.

Story baru menceritakan kehidupan masa depan

Bagi kalian yang main game untuk story dan lore dalam game tersebut game Cyberpunk 2077 ini memiliki cerita yang unik dan menarik. Mungkin karena game ini memiliki latar tempat di masa depan ketika mayoritas manusia menjadi separuh robot. Pengalaman personal kami saat menyelesaikan game ini, main story masih meninggalkan beberapa misteri. Akan tetapi, ending yang kami dapatkan masih menunjukkan hasil dari pilihan-pilihan kita.

Banyak side gig yang bisa diambil

Game ini sendiri memiliki banyak side gig yang dapat kita kerjakan. Walau terlihat tidak berhubungan langsung dengan misi terakhir yang kalian kerjakan, karakter-karakter ini sepertinya akan terhubung dengan ending yang kalian dapatkan. Pada satu titik, main story ini akan tertahan karena kita diharuskan menunggu untuk meelanjutkannya. Sehingga kita akan punya waktu untuk mencoba beberapa side gig. Kami pun hanya mencoba beberapa side gig yang ditawarkan dalam game. Salah satu referensi unik yang kami temukan dari game Portal menjadi pemanis untuk game seperti ini.

Visual yang breathtaking

Bagi kalian yang main game karena visualnya, game ini memiliki visual yang breathtaking. Akan tetapi visual secara maksimum ini hanya dapat dinikmati bagi kalian yang memainkan game ini di console model terkini seperti PS5 atau pada PC. Karena kami mencoba game ini dari PC, visual yang kami dapatkan mungkin diatas kebanyakan sahabat kami yang main game ini di console, sehingga review Cyberpunk 2077 ini kami nilai bagus secara visual.

First-person gameplay seperti pada umumnya

Pada aspek FPS, game ini memiliki fitur auto take cover jika kalian berada dibalik tembok, mobil, atau persembunyian lainnya yang kadang memudahkan kadang menggangu bagi kalian yang kurang terbiasa. Bagi kalian yang memilih menjadi samurai dan memain kan game ini menggunakan pedang pun game terasa fluid saat pertarungan. Atau bagi kalian yang hobi game stealth dan mengendap-endap, game ini juga menawarkan pilihan tersebut. Secara umum untuk pertarungan dalam first person view ini, cukup standar seperti game lainnya.

Role-playing sesuai keinginan kita

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bagaimana kita memilih cara bertarung itu hak kita masing-masing. Pilihan senjata dan cara menyelesaikan misi pun menjadi pilihan pemain. Ditambah lagi, game ini memiliki skill tree, armor dan weapon loadout, serta cyberware yang dapat kalian sesuaikan dengan style permainan kalian. Pembentukan karakter di awal game pun cukup variatif. Pilihan dalam percakapan pun cukup bervariasi walau beberapa pilihan tidak mempengaruhi jalan cerita yang kalian dapatkan. Untuk hal-hal tersebut game ini sudah dapat disebut game RPG.

Open-world map yang gak kalah dengan GTA

Secara personal, game ini seperti memiliki area yang sangat luas. Dari area perkotaan, area padang pasir diluar kota, sampai area pelabuhan seperti menjangkau area yang luas untuk segala macam gig. Walau kami tidak banyak bereksplorasi, dengan luas peta yang mumpuni banyak hal yang dapat dilakukan dari pekerjaan kecil membantu polisi, balapan, maupun pekerjaan lainnya.

Beberapa bug dapat mengganggu permainan

Dalam beberapa bagian cerita kalian dapat mengalami bug ataupun glitch yang menyebabkan kalian untuk reload checkpoint. Untuk saat ini developer game ini terus memberikan update untuk memperbaiki game. Walaupun terhalangi oleh bug beberapa kali kami tidak menemukan bug yang signifikan pada saat menyelesaikan game. Semua masalah yang disebabkan oleh bug dapat diselesaikan oleh load checkpoint. Hal ini cukup mengganggu ketika banyak yang kita lakukan ketika game belum di-save.

Perbedaan yang cukup signifikan pada beberapa platform

Saat game ini keluar, game ini menuai banyak respon negatif karena tampilan dan gameplaynya yang rusak pada platform selain PC. Tampilan pada PC dibandingkan dengan PS4 atau XBOX pun seperti langit dan bumi. Hal ini kemungkinan terjadi karena kapasitas hardware console yang belum mumpuni. Kabar terakhir yang kami dengar dari para gamers pengguna PS5, game dapat berjalan seperti di PC. Melihat kekesalan para gamers console, kami sarankan untuk kalian yang menggunakan console untuk menunggu patch sebelum membeli game ini.

Game yang sudah ditunggu bertahun-tahun ini menurut kami sudah mencapai ekspektasi. Sekali lagi hal ini berdasarkan pengalaman kami memainkan game ini di PC. Dari fitur sampai visual, game ini sangat menarik bagi kalian pencinta game open world dengan basis FPS dan RPG. Walau masih ada bug, game ini pun masih mendapat update dan patch untuk memperbaikinya. Demikian review Cyberpunk 2077 kami semoga dapat membantu kalian.

Ayo bro jadi yang pertama komen!

Tulis komentar