PC Gaming Budget 3 Jutaan – AMD – Agustus 2019

PC Gaming 3 jutaan AMD untuk kaum buruh Agustus 2019

Source: Silverstone

Untuk kamu yang bosan build Intel tenang saja masih ada AMD untuk alternatif PC kamu. Bahkan untuk kaum dhuafa pun dengan budget sekitar 3 Jutaan. Yang penting kamu-kamu bisa main game-game standar jaman now. Dengan build seperti ini paling tidak masih bisa main game-game tersebut dengan lancar jaya. Berikut ini komponen-komponen dhuafa versi AMD yang masih mencukupi kebutuhan seadanya. Berikut spesifikasi PC Gaming dengan budget 3 jutaan AMD.

Processor

Source: AMD

Processor yang bersaing ditingkat Intel G5400 pada kubu AMD adalah AMD Athlon series. Untuk kali ini kita pilih AMD Athlon 220GE (Radeon Vega 3) 3.4Ghz yang sudah include fan dan pakai socket AM4 yang bisa di upgrade ke Ryzen. Untuk processor ini hanya membutuhkan budget Rp 890.000,-. Walau banyak isu beredar tentang keawetan processor AMD yang lebih rapuh dari Intel, AMD memang pilihan budget bagi PC Gamers wannabe. Jadi dimaklumi saja jika processor kamu tidak bertahan selama processor Intel.

Motherboard

Source: ASRock

Sekarang kamu membutuhkan motherboard untuk mengoperasikan processor AMD kamu. Untuk itu, ASRock A320M-HDV sudah merupakan motherboard paling murah dan terpercaya yang pakai socket AM4. Kecuali kamu mau investasi, ke motherboard yg lebih mewah. Tapi kaum dhuafa biasanya belum berpikir sampai kesitu. Motherboard ini seharga Rp 695.000,- saja, cukup untuk menjadi teman baik processor AMD kamu.

RAM

Source: Apacer

Untuk RAM kali ini kita pilih Apacer DDR4 PC21000 2666Mhz 4GB – Panther Golden. Supaya RAM kamu bling-bling. Walau ini tidak ada gunanya, tapi kenapa tidak karena harganya yang cukup murah dengan desain yang unik. Untuk kamu kaum dhuafa yang cinta kemewahan harga RAM ini hanya Rp 339.000,- saja.

Storage

Source: Western Digital

Seperti biasa hardisk yang satu ini paling terpercaya, yaitu WDC 500GB SATA3 – Blue. Dengan harga sebesar Rp 580.000,- dengan mengambil yang garansi full bukan second. Sebenarnya ada pula hardisk besutan Toshiba dan lainnya tetapi untuk kali ini kita percayakan saja pada WDC. Untuk kamu yang nanya-nanya soal SSD. Ingat kamu itu kaum dhuafa, jangan beli yang aneh-aneh dulu.

Casing

Source: Tokopedia

Untuk kaum dhuafa casing yang murah saja cukup. Yang utama adalah adanya PSU yang sudah include dedngan casing tersebut. Maka dari itu, Magix Gaming Case + PSU 500W karena kita bosan pakai Cube Gaming – Blig. Seharusnya komponen-komponen tadi masih muat dalam case ini. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 240.000,- saja. Yang penting kamu tidak menaruh komponen kamu diatas kardus lagi.

Conclusion

AMD dikenal dengan kemampuannya untuk menyaingi Intel tetapi dengan budget yang minim untuk konsumernya. Total biaya yang dikeluarkan untuk build PC kali ini adalah Rp 2.744.000,-. Sisa uang dari build ini masih bisa kamu gunakan untuk membeli acessories lain. Tipe motherboard yang kita pergunakan juga sudah upgradeable ke Ryzen walau tidak memiliki overclockability. Casing kali ini adalah casing yang sudah termasuk cukup lama dan sepertinya tidak diproduksi lagi oleh manufakturnya tetapi masih lumayan banyak beredar disini. Dengan include PSU 500W kamu masih bisa upgrade beberapa komponen, tetapi jangan yang terlalu extreme karena bukan PSU certified. Build ini hanya diperuntukkan untuk mengisi kekosongan hari-hari kamu tapi dengan brand yang berbeda. Jadi apakah kamu sudah puas dengan PC Gaming dengan budget 3 jutaan AMD kami ini?

Note:

  • Harga yang tercantum adalah harga pada saat artikel ini ditulis (09 Agustus 2019). Jadi bisa saja sewaktu-waktu harga akan meningkat ataupun menurun.
  • PC Build belum termasuk Input, Optical Drive, dan LCD.