PC Gaming Full Setting 1080p – AMD – Desember 2019

PC Gaming untuk para saudagar bulan Desember 2019

Full Setting 1080p merupakan standar berbahagia untuk setiap PC Gaming. Dapat menjalankan setting se-level ini adalah kebutuhan mendasar bagi para saudagar. Sama seperti sebelumnya, budget build ini di targetkan under 25 jutaan dengan performa dan kualitas semua game per hari ini bisa berjalan dengan smooth dengan full setting rata kanan. Berikut komponen yang cuan untuk para saudagar.

1. Processor

Source: Newegg

Untuk PC yang efisien dan futureproof diperlukan processor dengan kecepatan tinggi. Tidak hanya itu, karena efisiensi adalah fokus, membeli AMD Threadripper bukanlah ide yang bagus. Oleh karena itu processor yang cocok untuk build kali ini adalah AMD Ryzen 7 3800X 3.9Ghz Up To 4.5Ghz. Dibandrol harga Rp 5.789.000,-, processor ini lebih murah dibandingkan dengan processor intel pada kelas yang sama. Untuk performa, processor ini tidak kalah dengan intel. Belum lagi dilengkapi dengan kipas bawaan yang RGB dan keren. Processor ini merupakan pilihan tepat untuk memulai build kali ini.

2. Motherboard

Source: Asus

Motherboard dengan seri terbaru memiliki fitur-fitur yang notabene terbaru juga. Dengan hadirnya PCIe 4.0 para saudagar harus mempersiapkan diri untuk penggunaan kedepannya. Seri motherboard paling terkini untuk saat ini adalah seri X570. Dengan menggunakan Asus TUF GAMING X570-PLUS para saudagar akan menjadi lebih futureproof. Asus menjadi pilihan pada build kali ini karena seri terbarunya yaitu TUF  (The Ultimate Force) cukup menjamin durability motherboardMotherboard ini dapat dibeli seharga Rp 3.950.000,- saja.

3. VGA Card

Source: Gigabyte

Dengan desainnya yang unik, Gigabyte GeForce RTX 2060 SUPER 8GB DDR6 Aorus merupakan sebuah pilihan VGA yang mantap bagi para saudagar. Tidak hanya akan memuaskan mata ketika dipasang, VGA ini juga siap untuk me-render visual game yang akan para saudagar mainkan. Dengan harga Rp 7.685.000,-, memang lebih mahal daripada VGA Asus. Akan tetapi, tipe SUPER 8GB tidak bisa dibandingkan dengan tipe biasa 6GB. Dengan menggunakan ini, para saudagar pasti akan tidak mudah obsolete pada peraduan PC Gaming duniawi ini.

4. RAM

Source: Corsair

Kebutuhan RAM semakin lama semakin tinggi, terutama untuk game-game triple-A. Mempersiapkan apa yang akan adalah ciri-ciri seorang saudagar yang baik. Untuk itu Corsair DDR4 Vengeance RGB Pro PC28800 16GB (2X8GB) adalah pilihan tepat bagi saudagar yang baik. Dengan Rp 2.505.000,- saja, para saudagar sudah mendapatkan RAM yang tidak hanya cepat dan lebih dari cukup. Tidak lupa juga dengan RGB di atasnya sebagai pemanis build kali ini.

5. Hard Drive

Source: Western Digital

Kembali dengan storage favorit di IDGameWare yaitu Wester Digital. Untuk build kali ini WDC 3TB SATA3 64MB – Blue untuk penyimpananmu yang akan banyak menyimpan data-data game dan lainnya. Storage besar sekarang menjadi esensi karena semakin lama game-game membutuhkan banyak memori bahkan menyentuh ratusan gigabyte. Dengan meningkatnya storage yang digunakan maka harganya pun akan meningkat. Untuk kali ini, para saudagar hanya perlu biaya sebesar Rp 1.160.000,-.

6. Solid State Drive

Source: Adata

Untuk level seorang saudagar, tidak memiliki SSD adalah suatu kebodohan yang menyeluruh. Oleh karena itu, para saudagar membutuhkan ADATA SU750 512GB SATA III dengan harga Rp 839.000,- saja. Penggunaan utama SSD adalah untuk mempercepat proses menyalakan PC Gaming. Untuk game karena pada umumnya memiliki ukuran yang besar, tidak disarankan untuk disimpan dalam SSD. Walaupun game yang berada di SSD akan loading lebih cepat dibandingkan dengan yang berada di storage biasa.

7. Casing

Source: Corsair

Setelah membeli komponen yang berkontribusi pada performa utama PC, para saudagar membutuhkan case untuk menyatukan setiap komponen yang tercecer tadi. Untuk casing disarankan untuk mencari tipe mid-tower tetapi masih muat motherboard tipe ATX serta memiliki lebar yang cukup besar untuk pemasangan VGA para saudagar. Pada build kali ini akan digunakan Corsair Carbide SPEC-06 TG RGB yang pastinya sudah RGB. Para saudagar bisa mencari versi yang non-RGB jika tidak mau yang terang-terang. Untuk versi RGB, casing ini dibandrol harga Rp 1.460.000,-.

8. PSU

Source: Super Power

Agar PC para saudagar dapat menyala dan dipakai dibutuhkan power supply yang cukup untuk menghidupi komponen yang berserakan tadi. Rekomendasi kali ini adalah Super Flower Leadex III Gold ARGB 650W. PSU kali ini bukan hanya 80+ Gold Certified, Full Modular, tetapi bisa menyala alias RGB. Tetapi, lagi-lagi bila para saudagar kurang suka jika PC menjadi terlalu terang-terang disko, para saudagari bisa mencari versi non-RGB saja. PSU ini dapat dimiliki dengan harag Rp 1.450.000,- saja.

Conclusion

Untuk build kali ini memang lebih jor-joran, tidak ragu-ragu dan lebih RGB dari versi Intel. Oleh karena itu grand total biaya yang diperlukan pada build ini hampir sesuai target awal yaitu Rp 24.838.000,-. Sekarang para saudagar dapat bermain game malam-malam ditemani lampu disko dari PC masing-masing. Tidak hanya itu, PC ini pun akan keep up dengan perkembangan game saat ini.

Note:

  • Harga yang tercantum adalah harga pada saat artikel ini ditulis (17 Desember 2019). Jadi bisa saja sewaktu-waktu harga akan meningkat ataupun menurun.
  • PC Build belum termasuk Input, Optical Drive, dan LCD.