Akuisisi Glu Mobile, EA Games akan Merajai Pangsa Mobile Games

Apakah ini pertanda baik atau buruk?

EA Games Akuisisi Glu Mobile

Awal baru untuk para gamers di seluruh dunia yang mencari game hebat di handphone mereka. Karena Electronic Arts (EA) akan juga fokus untuk menciptakan game mobile. Tidak main-main, EA melakukan akuisisi Glu Mobile yang merupakan developer dari beberapa game yang sukses di platform mobile.

Glu Mobile telah banyak mengembangkan game dan sukses di platform game mobile. Seperti Diner Dash, Kim Kardashian: Hollywood, Covert Fashion, hingga MLB Tap Sports Baseball. Langkah yang tepat mengingat pertumbuhan untuk platform mobile sangatlah cepat.

EA bukanlah pemain baru di platform mobile, beberapa game seperti FIFA Mobile dan The Sims Mobile cukup sukses di pasaran. Namun pertumbuhan game mobile milik EA masih terlalu lambat. Menurut Andre Wilson, Chief Executive EA kolaborasi ini akan menciptakan pengalaman luar biasa kepada seluruh gamers untuk bisa terhubung ke game yang mereka sukai.

“Kami akan memimpin pasar game mobile di kategori lifestyle dan olahraga dengan jangkauan besar secara internasional,“ ucap Wilson.

Baca Juga: Main Game Sambil Makan Ayam Goreng Dengan KFC Konsol

EA sangat serius dalam hal ini, bisa kita lihat dari banyaknya mahar yang di berikan pada Glu Mobile. Tidak tanggung-tangung, EA menggelontorkan dana dengan nilai USD 2.4 miliar atau setara dengan Rp 33.6 triliun. Melihat dari kesuksesan Glu Mobile, nilai akuisisi ini sangat pantas. Glu Mobile menghasilkan USD 1.32 miliar tahun lalu.

Yang menjadikan kerjasama ini menarik, Glu Mobile akan tetap bekerja secara independen. Glu Mobile mendapatkan untuk hak kekayaan EA. Termasuk hak cipta, hak paten, serta merek. Nick Earl yang akan mengawasi langsung sekitar 500 developer dan 800 karyawan Glu Mobile. Nick Earl juga pernah menjabat sebagai kepala divisi mobile di EA.

Melakukan akuisisi Glu Mobile, EA dan Glu akan menghadirkan pengalaman luar biasa dalam bermain game dengan berbagai cara dan perspektif.

“Menggabungkan keahlian Glu Mobile dengan bakat kolektif kami akan melipatgandakan jumlah pemain game terutama di kategori game olahraga untuk lima tahun kedepan,” ucap Wilson.

Diperkirakan proses akuisisi ini akan selesai pada pertahan tahun nanti, skeitar tanggal 30 Juni 2021.