Unity Buat Kesal Developer Game Karena Pasang Biaya Per – Instal

Unity

Game engine popular yaitu Unity telah mengumumkan perubahan harga yang signifikan. Mulai 1 Januari 2024, Unity akan mengenakan biaya per – instal kepada developer untuk setiap game yang menggunakan perangkat lunak Unity.

Para developer marah atas perubahan ini. Mereka khawatir bahwa akan ada tagihan yang signifikan. Namun, Unity menyatakan bahwa biaya ini hanya akan dikenakan untuk aktivitas yang dilakukan setelah tanggal 1 Januari bukan untuk game yang telah diunduh.

Kekhawatiran Para Developer

Ada kekhawatiran bahwa perubahan ini akan berdampak negatif pada developer indie, solo, dan seluler. Selain itu, Unity memperhitungkan biaya berdasarkan jumlah instalasi daripada alasan legal atau ilegal yang mungkin mendorong banyak instalasi dalam satu game.

Loading…

Para developer juga khawatir tentang efek biaya baru ini pada game lama karena para creator game mungkin ingin menghapusnya untuk menghindari biaya tambahan. Selain itu, ada pertanyaan mengenai privasi dan metode yang akan digunakan Unity untuk memantau instalasi.

Unity
Source: Twitter @Stephentotilo

Stephen Totilo dari Axios ikut menyuarakan pendapatnya tentang Unity yang akan membebankan biaya pada developer setiap kali game mereka diunduh di perangkat yang berbeda. Ia juga memberikan update bahwa Unity hanya akan membebankan biaya pada instalasi awal saja.

Marc Written selaku eksekutif di unity juga mengatakan bahwa layanan berlangganan seperti game pass dan lainnya tidak akan terkena dampaknya. Karena biayanya nanti akan dibebankan pada distributor. Misalnya Game Pass akan ditagihkan ke Microsoft langsung.

Loading…

Untuk demo juga tidak akan dikenakan biaya. Kecuali jika demo tersebut merupakan bagian dari full game seperti akses awal, maka tetap akan dikenakan biaya instalasi.

Banyak developer yang mengeluhkan hal ini karena kebijakannya dilakukan secara sepihak. Sehingga mereka merasa mau tidak mau menggunakan karena sudah terlanjur.

Hal ini diperkirakan akan membuat harga game naik secara signifikan. Terutama untuk biaya berlangganan yang kemungkinan tidak akan ada lagi paket murah.

Para developer menunjukkan ketidakpuasan mereka dengan perubahan ini. Banyak dari mereka khawatir akan konsekuensi finansial yang signifikan dan kehilangan kepercayaan pada Unity sebagai mitra, terutama bagi developer yang tidak sebesar EA, Ubisoft, atau Activision Blizzard. 

Loading…

 Ikuti terus IDGameWare untuk mendapatkan informasi terkini seputar game dan hardware.

Baca juga: Trailer Jean-Claude Van Damme Di Mortal Kombat 1 Sudah Rilis

Ayo bro jadi yang pertama komen!

Tulis komentar