PC Gaming Bisa di Genggam dalam GPD Win3

GPD Win3

Pabrikan asal China GPD sangat getol melakukan eksperimen untuk membuat pc gaming. Mereka meluncurkan GPD Win3 yang mirip dengan Nintendo Switch Oled ataupun Steam Deck. GPD Win3 ini mampu memainkan banyak game AAA dengan sangat baik.

Perbedaan yang signifikan dari Nintendo Switch dan Steam Deck, GPD Win3 ini tidak bisa melepas kontroler yang ada setiap sisinya. gamer bisa menggeser konsol ini ke atas untuk menggunakan keyboard. Menariknya mereka tidak menempatkan keyboard fisik. Akan tetapi mereka memasukan touch keyboard id konsol ini.

Desain GPD Win3

Desain GPD Win3
Sumber Gambar; gpd.hk

Konsol ini terbuat dari bahan silikon transparan berwarna abu-abu dan putih. Keuntungan dari bahan ini adalah meningkatkan gesekan permukaan antara tangan sehingga mencegah tangan tergelincir atau licin.

Loading…

Bahan silikon ini juga sangat ringan sehingga mampu mengurangi berat konsol ini secara keseluruhan. Selain itu mereka membuat konsol ini dengan warna transparan sehingga warna mesin menjadi lebih elegan.

Spesifikasi GPD Win3

Spesifikasi GPD Win3
Sumber Gambar; gpd.hk

Bagian layar konsol ini dilengkapi dengan Sunny Screen 5,5 inci 268 PPI. Layarnya juga menggunakan Gorilla Glass Corning kelima dengan resolusi 1280 x 720. Shell terbuat dari resin sintetis abs kelas atas. Selain itu gamer tidak perlu khawatir dengan layarnya akan Graininess karena konsol ini menggunakan peredupan DC.

GPD Win3 memiliki 3 buah port USB 3.2 Gen2 Type-a, 1 buah USB 3.2 Gen2 Type-C, 1 buah HDMI 2.0b dan memiliki kedalaman warna maksimum 48 bit. Selain itu konsol ini juga mendukung mode HDR.

Mereka juga memasang turbofan besar dan kipas ganda di dalamnya. Ketika suhu internal lebih rendah dari 40 derajat celcius, kipas hanya menyala 20% saja. Namun ketika suhu internal lebih tinggi dari 40 derajat celcius kipas akan meningkat 2% hingga 100%.

Loading…

Konsol ini menggunakan prosesor Intel Gen11 Tiger Lake-U Series. Kartu grafis di dalamnya menggunakan Intel Iris Xe Graphics Gen 12 dengan 96 unit komputasi dan 8 core per unit. Mereka telah menguji coba besaran FPS di konsol ini.

Tes FPS
Sumber Gambar; gpd.hk

GPD Win3 mampu menjalankan dengan baik game-game sekelas Death Stranding, Sekiro: Shadows Die Twice, Devil May Cry 5, Red Dead Redemption dan masih banyak lagi. Gamer bisa melihat uji cobanya di kanal Youtube mereka disini.

Jika gamer berminat, konsol ini dibanderol dengan harga Rp 16 jutaan. Gamer bisa melihat info detailnya ke website resmi mereka. Ikuti terus IDGameWare untuk mendapatkan informasi terkini seputar game dan hardware.

Ayo bro jadi yang pertama komen!

Tulis komentar