5 Jenis Casing PC Berdasarkan Ukuran Case

Tentukan ukuran casing sebelum membeli.

Kebanyakan orang menggunakan PC dengan ukuran yang sama yaitu Mid Tower. Akan tetapi, ada juga casing dengan ukuran-ukuran yang berbeda dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing. Berikut adalah jenis casing pc yang biasa dipakai.

Full Tower

Case tipe ini umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dari PC pada umumnya. Biasanya casing tipe ini memiliki tinggi diatas 50 cm. Case ini akan cocok dengan segala tipe motherboard dan dari XL-ATX, E-ATX, ATX , Micro-ATX, maupun Mini ITX. Case tipe ini pun pada umumnya tidak dilengkapi dengan PSU. Menggunakan case tipe ini hanya disarankan untuk build PC yang memang membutuhkan banyak space atau bagi overclocker yang membutuhkan custom liquid cooling dengan airflow yang luas.

Source: Newegg

Mid Tower

Case tipe ini merupakan tipe yang umum digunakan dalam segala kondisi. Biasanya casing tipe ini memiliki tinggi antara 40 cm hingga 50 cm. Case tipe ini hanya cocok dengan motherboard tipe ATX , Micro-ATX, dan Mini ITX. Beberapa case mid tower sudah dilengkapi oleh PSU. Akan tetapi, PSU yang sudah include dalam case umumnya memiliki kualitas yang rendah. Disarankan untuk menggunakan PSU dengan kualitas yang baik certified untuk menghindari asupan power yang tidak stabil pada PC.

Source: Newegg

Mini Tower

Case tipe ini juga cukup umum digunakan. Secara spesifikasinya case ini pun mirip dengan case Mid Tower. Hanya saja case tipe ini sudah pasti berukuran lebih minim. Tingga case ini biasanya sekitar 30 cm sampai 40 cm. Motherboard yang dapat digunakan pada case ini hanya tipe Micro-ATX atau Mini-ITX.

Source: Newegg

Slim Case

Mirip dengan Tower Case, case tipe yang satu ini memiliki tinggi sekitar 40 cm sampeai 50 cm. Akan tetapi, perbedaan yang mencolok dati case tipe ini adalah lebar yang dimiliki. Sesuai dengan namanya Slim Case, case satu ini memiliki tubuh yang ramping. Case tipe ini pun sering disusun pada meja kerja dengan posisi horizontal dan monitor tepat diatasnya. Bentuknya yang ramping dan flexible ini juga menjadi salah satu kelebihannya karena cukup menghemat tempat. Sayangnya karena ukurannya yang kecil ramping, case tipe ini umumnya hanya support motherboard tipe Micro ATX dan Mini-ITX.

Source: Newegg

Small Form Factor Case

Small Form Factor atau SFF Case, merupakan jenis casing pc dengan space yang sangat minim. Case seperti ini umumnya digunakan untuk PC portable yang mudah dibawa kemana-mana. Karena ukurannya yang sangat kecil ini motherboard yang support dalam cas ini hanya Mini-ITX saja. Komponen-komponen yang digunakan pun hanya seperlunya saja. Sehingga PC seperti ini hanya digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan ringan saja.

Source: Newegg
Ayo bro jadi yang pertama komen!

Tulis komentar