Epic Games Layoff Karyawan Sebanyak 900 Orang

Epic Games Layoff

Kabar Epic Games layoff membuat heboh banyak orang. Perusahaan di balik Unreal Engine dan Fortnite ini melakukan pemotongan karyawan besar-besaran. Sebanyak 900 karyawan atau sekitar 16% dari total tenaga kerja mereka telah dipecat.

Mengapa Epic Games Layoff

Epic Games Layoff
Source: Epic Games

Tim Sweeney selaku CEO menjelaskan bahwa selama ini mereka telah mengeluarkan lebih banyak uang dibandingkan income. Pengeluaran paling besar Upaya mereka mengembangkan Fortnite sebagai sebuah ekosistem metaverse untuk para kreator.

Loading…

Meskipun mereka telah berupaya mengurangi biaya dengan berbagai cara, seperti beralih ke Net Zero dan memangkas pengeluaran operasional. Ternyata pemotongan tenaga kerja menjadi satu-satunya jalan untuk memastikan stabilitas keuangan perusahaan.

Hal yang membuat banyak orang terkejut soal Epic Games layoff ini pada memo yang diberikan Tim Sweeney. Sang CEO tidak menuliskan permintaan maaf kepada karyawan yang telah dipecat.

Nicole Carpenter yang merupakan senior reporter Polygon mengungkapkan bahwa lebih dari 5000 orang yang sudah terkena layoff di industri game. Padahal industry ini salah satu yang menghasilkan uang sangat banyak. Namun pengelolaan atau manajemen uang mereka masih begitu buruk.

Penyebab Epic Games Layoff

Loading…

Epic Games Layoff
Source: Epic Techy Ji

Tentu saja terjadi banyak diskusi mengenai layoff ini. Selain karena manajemen uang yang buruk. Banyak orang yang berpendapat Epic mungkin melakukan pengeluaran yang berlebihan namun bukan untuk rencana jangka Panjang.

Dalam memo Tim Sweeney ia juga menuliskan bahwa mereka juga menawarkan pesangon yang cukup dengan hitungan gaji pokok untuk 6 bulan. Selain itu juga mereka juga memberikan layanan Kesehatan di AS, Kanada dan Brazil.

Namun Tim Sweeney juga menekankan bahwa kabar layoff ini tidak mengartikan bahwa mereka sedang rapuh. Ia justru menegaskan bahwa mereka akan semakin kuat. Apalagi jika Unreal Engine dan UEFN yang sedang mereka kembangkan sekarang bisa menyatukan komunitas mereka.

Layoff ini juga dilakukan kepada tim developer diluar tim inti. Sehingga Tim Sweeney tetap yakin bahwa projek-projek ambisius mereka akan tetap berjalan dan rilis sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Loading…

Ikuti terus IDGameWare untuk mendapatkan informasi terkini seputar game dan hardware.

Baca juga: Begini Cara Daftar Akun Point Blank Indonesia

Ayo bro jadi yang pertama komen!

Tulis komentar