Acer Aspire 5 Slim Creator Edition : Laptop Tipis, Performa Makin Mantap dengan MX550

acer aspire 5

Acer akhirnya bulan September lalu mengeluarkan varian terbaru dari Acer Aspire 5 Slim yang membedakan dari seri sebelumnya untuk seri terbarunya sudah ditenagai prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12. Bukan hanya itu Acer telah melakukan upgrade dari segi desain, spesifikasi dan fitur-fitur yang ada didalamnya.

Sesuai dengan namanya “slim” sudah otomatis laptop ini tipis dan ringan. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi Anda yang kerjanya sering berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain sehingga praktis dibawa kemana saja dan tidak merepotkan.

Seri terbaru ini dibuat dalam 2 varian yaitu Regular Edition dan Creator Edition. Kami berkesempatan mencoba Acer Aspire 5 Slim Creator Edition langsung dan akan membagikan pengalamannya dengan Anda. Laptop yang kami review didukung dengan prosesor Intel® Core™ i7-1255U dengan kartu grafis NVIDIA GeForce MX 550. Mari kita kupas tuntas apa saja keunggulan dari laptop ini.

Loading…

Desain dan Layar

Acer Aspire 5 Slim mempunyai bodi yang tipis, dimana dari spesifikasi teknis yang diterima hanya memiliki ketipisan sekitar 17mm. Cukup tipis untuk ukuran laptop 14 inci, sehingga sangat nyaman meski dipegang dengan satu tangan. Bobotnya pun juga ringan hanya berkisar 1,4kg lebih tipis dan ringan dari seri sebelumnya.  

Dalam kondisi terbuka, terlihat jajaran tombol-tombol keyboard yang tertata rapi. Setiap tombol pada keyboard memiliki jarak yang ideal untuk menghindari kesalahan menekan tombol. Ukurannya standar dengan tombol power di pojok kanan atas. Kita juga bisa melihat tulisan Aspire di bagian bezel, sederhana namun menarik.

Laptop ini menggunakan layar 14 inci jenis IPS dengan menggunakan teknologi Acer ComfyView™ LED-backlit TFT LCD resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang nyaman dan membuat mata tidak mudah lelah dan cocok digunakan untuk bekerja dalam waktu yang lama, serta gambar yang dihasilkan sudah mendekati nyata. Penampilan laptop Acer Aspire 5 Slim ini cukup elegan dan mewah dengan balutan casing berbahan polikarbonat berwarna silver.

Di versi terbaru ini, Aspire 5 Slim memiliki desain Air Inlet Keyboard yang meningkatkan kinerja termal dan mengeluarkan sekitar 8-10% lebih banyak udara panas. Kecepatan kipas pendingan bisa disesuaikan dengan menekan tombol “Fn+F”,  yang nanti akan muncul pilihan mode yang inginkan, seperti Silent, Normal dan Performance. 

Loading…

Performa

Performanya didukung oleh prosesor Intel® Core™ i7-1255U. Prosesor ini menggunakan arsitektur hibrid terbaru dan memberikan performa lebih baik dari pendahulunya. Memiliki dua inti yang mengelola tugas berbeda, inti performa (P Core) untuk memaksimalkan performa dan inti efisiensi (E Core) yang memberikan efisiensi untuk multitasking.  Performa dari prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12 ditopang dengan keberadaan kartu grafis NVidia GeForce MX 550, RAM 8 GB DDR4 dan memori internal berjenis PCIe NVMe SSD berkapasitas 512 GB.

Dengan adanya kartu grafis NVidia GeForce MX550 memberikan kemampuan editing foto dan video, serta gaming lebih cepat. Kinerjanya lebih lancar dengan teknologi NVIDIA Optimus yang menawarkan performa sempurna dari kombinasi baterai tahan lama dan performa yang optimal. Selain itu menariknya dari laptop ini bagian RAM dan memori internalnya bisa diupgrade. Jika menurut Anda kapasitas RAM dan memori internal bawaanya masih kurang, Anda bisa dengan mudah menambahkannya.

Laptop ini kami coba dengan berbagai tugas, seperti menjalankan aplikasi-aplikasi Office seperti Word dan Excel, melakukan editing foto maupun rendering video, kemudian bermain beberapa game, hingga streaming film melalui Netflix. Sistem operasi dari laptop ini sudah terinstall Windows 11 Home dan Microsoft Office Home and Student 2021, yang mana merupakan salah satu OS terbaru yang dimiliki oleh Microsoft, sehingga pengguna tidak perlu repot membeli lisensi dan melakukan instalasi sistem operasi lagi.

Konektivitas dan Fitur Lain

Dari segi konektivitas, laptop Acer Aspire 5 Slim 12th Gen kelas menengah ini cukup lengkap dengan menggunakan teknologi Thunderbolt 4 menghadirkan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi. Port Thunderbolt 4 ini memiliki bandwidth sebesar 40 Gbps, sehingga untuk menyimpan data internal ke eksternal atau sebaiknya bisa cepat.

Loading…

Konektivitas serbaguna yang kompatibel dengan banyak koneksi, termasuk Thunderbolt, USB, USB C standard, DisplayPort, dan PCle versi sebelumnya. Selain itu Aspire 5 Slim sudah dilengkapi dengan WiFi 6E yang memiliki kemampuan 3 kali lebih responsif dan lebih stabil dengan tingkat data puncak 40% lebih tinggi dibandingkan dengan WiFi 6 standar sebelumnya.

Teknologi Acer TNR Solution mampu menangkap gambar yang lebih baik dari webcam. Teknologi ini mendeteksi dan mendiagnosis noise dan menyatukannya dengan frame lain untuk menghasilkan gambar berkualitas lebih baik, bahkan dalam kondisi cahaya rendah. Untuk mendukung aktivitas work from home atau work from anywhere, kualitas suara juga menjadi sesuatu yang bisa diandalkan dari Acer Aspire 5 Slim, utamanya ketika melakukan conference call. Teknologi Acer PurifedVoice™ generasi terbaru dengan AI Noise Reduction dapat secara aktif mengurangi kebisingan di latar belakang dan kompatibel dengan headphone serta mikrofon eksternal.

Kesimpulan dan Harga

Dapat dikatakan laptop Acer Aspire 5 Slim Creator Edition ini dengan body yang slim dan ringkas, sudah menggunakan prosesor yang andal yaitu Intel® Core™ Generasi ke-12 dengan kartu grafis NVIDIA GeForce MX 550 dengan konektivitas yang lengkap, lebih cepat dan stabil, selain itu juga kemudahan dalam upgrade memory yang lebih besar disesuaikan kebutuhan penggunanya. Selain dapat digunakan untuk bekerja dan belajar, laptop ini juga maksimal dalam membantu editing video dan foto bahkan bermain game casual.

Berdasarkan informasi dari Acer Store, harga laptop ini dibanderol mulai dari 12jutaan. Setiap pembelian laptop ini mendapatkan garansi sparepart selama 1 tahun, garansi servis selama 3 tahun dan garansi Accidental Damage Protection selama 1 tahun.

Loading…

3 Comments
Cintya Wulandari
Laptop ini sudah ada fitur keamanan seperti face recognition?
Cintya Wulandari
Laptop ini sudah ada fitur keamanan seperti finger print atau face recognition?
Cintya Wulandari
Laptop ini color gamutnya sudah 100% sRGB belum ya?

Tulis komentar