Build PC Gaming Tersultan 2019 – AMD

Build PC untuk para sultan yang bergelimang harta versi AMD 2019

PC Gaming sempurna versi AMD adalah idaman seluruh gamers SJW AMD di luar sana. Game Triple A dengan resolusi 4K rata kanan? Main lancar tanpa ngadat? Tampilan wow luar biasa indah? Build PC gaming sultan AMD kali ini akan memuaskan semua kebutuhan tersebut. Walau tidak banyak komponen yang berbeda pada tim merah, berikut ini adalah rekomendasi PC Gaming tersultan.

Processor

Source: AMD

Pastinya processor kali ini menggunakan AMD. Processor khusus gaming yang terbaik dari AMD ini adalah AMD Ryzen 9 3950X 3.5Ghz Up To 4.7Ghz. Perlu diketahui processor kali ini tidak memiliki cooler. Maka dari itu inilah ciri-ciri processor sultan. Untuk cooling akan dibahas nanti. Ada pula opsi lain dengan perbedaan yang cukup signifikan dari AMD yaitu Threadripper 3970X. Threadripper 3970X memiliki keunggulan dalam komputasi tetapi masih kalah tipis dengan 3950X untuk gaming. Untuk gaming, 3950X masih sedikit lebih baik dibandingkan 3970X. Untuk sebuah Ryzen 9 ini para sultan perlu membuang uang sebesar Rp 12.400.000,-.

Motherboard

Source: MSI

Karena menggunakan AMD, sudah pastinya motherboard kali ini harus yang support socket AMD. Komponen tersultan pada kategori ini adalah MSI MEG X570 GodlikeMotherboard ini merupakan yang paling mahal untuk slot AM4. Motherboard ini juga sudah dilengkapi processor fan yang bisa ditukar dengan fan lainnya. Contohnya fan keren Wraith PRISM yang sudah include pada Ryzen 9 3900X. Untungnya, processor kali ini tidak memiliki cooler sehingga para sultan tidak perlu memikirkan tempat membuang Wraith PRISM tersebut. Untuk motherboard kali ini, sultan perlu membakar uang sebesar Rp 12.429.000,-.

VGA Card

Source: Gigabyte

Karena sultan versi Intel sudah menggunakan VGA dari EVGA, kali ini sultan AMD akan menggunakan VGA yang berbeda. VGA kali ini adalah Gigabyte GeForce RTX 2080 Ti 11GB DDR6 Aorus Xtreme. Jangan lupa, tiap sultan melihat dengan sepasang mata. Oleh karena itu, VGA sultan pun haruslah sepasang agar dapat menikmati indahnya grafik 4K. Kemampuan VGA dari Gigabyte ini tidak kalah dengan VGA dari EVGA. Walau harganya berbeda, akan tetapi akan sangat worth untuk para sultan AMD agar tidak menggunakan VGA yang sama dengan sultan Intel. Sebuah card ini akan menghamburkan uang sultan sebanyak Rp 24.150.000,- dikalikan dua buah menjadi Rp 48.300.000,-.

RAM

Source: GSkill

Untuk RAM, sudah sangat cocok bagi para sultan untuk menggunakan Gskill DDR4 TridentZ Royal PC34100 16GB (2x8GB). Desainnya yang sangat sultan ini tidak ada pesaingnya dalam kategori RAM. Dengan clock speed cepat dan teknologi terbaru RAM ini sudah menjadi RAM tersultan untuk saat ini. Oleh karena itu RAM ini pun akan membakar uang para sultan dengan lebih besar. Pundi-pundi yang dibakar untuk RAM adalah senilai Rp 10.590.000,- untuk 4 slot RAM.

Solid State Drive

Source: Samsung

Untuk storage kali ini, sudah pasti para sultan hanya boleh menggunakan SSD sebagai tempat penyimpanan datanya. Karena HDD itu adalah barang yang hina untuk para sultan. Maka Samsung SSD 860 EVO 4TB lagi-lagi telah menjadi pilihan terbaik untuk saat ini. Pada motherboard umumnya terdapat 6 slot storage. Tetapi kalau para sultan masih kekurangan storage, mereka dapat menampahkan PCIe slot expansion. Tanpa slot tambahan, para sultan memiliki total storage 24TB dengan load speed maksimum. Total uang yang dibakar untuk storage sultan ini adalah Rp 69.600.000,-.

Casing

Source: Cooler Master

Untuk casing sultan sebenarnya lebih mantap kalau menggunakan custom casing. Tetapi untuk kali ini sultan bisa menggunakan Cooler Master Cosmos C700M. Untuk casing ini para sultan cukup membakar uang sebesar Rp 6.420.000,-. Casing yang luas dan sudah menggunakan RGB LED ini cukup sultan bagi para sultan. Tidak perlu khawatir dengan space, casing ini sudah cukup luas untuk komponen-komponen lainnya.

PSU

Source: Corsair

Bagi para sultan, memilih PSU adalah yang mudah. Para sultan tinggal memilih yang paling mahal dan paling besar dayanya. Untuk PSU sultan cukup menggunakan Corsair AX Series Digital 1600W Fully Modular AX1600i – Titanium. Dengan daya 1600W, PC para sultan yang pasti tidak akan kekurangan tenaga untuk bekerja. Dengan efisiensi tingkat Titanium, para sultan telah membedakan dirinya dengan rakyat jelata. PSU ini hanya menghamburkan uang sebesar Rp 7.510.000,-.

CPU Cooler

Source: Thermaltake

Karena processor kali ini tidak memiliki sistem cooling, maka para sultan membutuhkan Thermaltake Pacific RL360 D5 Hard Tube RGB – Water Cooling Kit untuk mendingankan processor mereka. Untuk cooling bisa saja menggunakan fan cooler akan tetapi sultan hanya pantas untuk menggunakan liquid cooling. Untuk cooling kit ini hanya membutuhkan Rp 5.350.000,- saja untuk dihamburkan.

Conclusion

Dengan seluruh komponen terbaik pada gaming versi AMD, PC sultan dapat dinyalakan terus menerus selama berbulan-bulan. Jika PC rusak, sultan dapat membeli build baru yang tersultan nanti. Walau spesifik untuk gaming, PC ini juga sudah cukup untuk melakukan browsing-browsing banyak dan editing santuy. Bagi kalian yang memiliki hati yang lemah, lebih baik jangan melihat angka setelah ini. Karena total harga yang dibutuhkan untuk build PC ini adalah Rp 172.599.000,-.

Note:

  • Harga yang tercantum adalah harga pada saat artikel ini ditulis (30 Desember 2019). Jadi bisa saja sewaktu-waktu harga akan meningkat ataupun menurun.
  • PC Build belum termasuk Input, Optical Drive, dan LCD.