Terlalu Sukses, Square Enix Menghentikan Penjualan Final Fantasy XIV

Final Fantasy XIV

Belum lama ini, Square Enix meriis Final Fantasy XIV: Endwalker secara global. Menariknya sangking suksesnya game ini, Square Enix menghentikan sementara penjualan Final Fantasy XIV untuk membantu kemacetan server. 

Naoki Yoshida selaku produser dan sutradara menjelaskan bahwa jumlah orang yang memainkan Final Fantasy XIV melebihi kapasitas server mereka. Karena hal ini, pemain yang ingin memasuki game akan menunggu dengan sangat lama. Untuk menghentikan lalu lintas server yang padat, Square Enix melakukan penghentian sementara. 

Selain itu, padatnya arus lalu lintas server juga mempengaruhi bagi pemain uji coba gratis untuk bisa masuk game di malam dan dini hari. Square Enix mengatakan bahwa langkah ini mereka ambil untuk memprioritaskan pemain yang sudah ada untuk masuk ke Endwalker. Karena penghentian penjualan ini hanya untuk pemain lama.

Loading…

Langkah yang dilakukan Square Enix ini juga cukup tepat jika dilihat dari sisi marketing. Penghentian ini akan membuat orang-orang membeli paket ekspansi dan edisi kolektor, sehingga penjualan digital mereka akan meningkat. 

Penghentian penjualan Final Fantasy XIV ini akan dilakukan secara bertahap selama beberapa hari kedepan. Saat ini Square Enix sedang bernegosiasi dengan pengecer agar langkah mereka bisa sepenuhnya dilakukan. Square Enix juga menangguhkan iklan baru mereka untuk Final Fantasy XIV.

Loading…

Penghentian penjualan ini bukanlah pertama kali bagi Final Fantasy XIV. Pada bulan Juli lalu Square Enix juga sempat menghentikan penjualan versi digital mereka karena terlalu populer. 

Menanggapi hal ini, Naoki Yoshida mengatakan bahwa ia bersama tim meminta maaf atas masalah login yang dialami oleh semua orang. Naoki Yoshida juga menawarkan waktu bermain gratis bagi mereka yang terkena dampak ini. 

Naoki Yoshida juga mengatakan bahwa mereka sebenarnya telah memperkirakan kemacetan parah untuk Endwalker. Namun dampak yang terjadi tetap tidak bisa mereka kendalikan, Meskipun begitu, sisi positifnya Square Enix bisa melihat bahwa Endwalker benar-benar sukses sesuai dengan ekspektasi para penggemar dan hal ini bisa membantu mereka dalam hal marketing.

Ikuti terus IDGameWare untuk mendapatkan informasi terkini seputar game dan hardware.

Loading…

Ayo bro jadi yang pertama komen!

Tulis komentar